logo rakata

Selasa, 21 September 2010


SURAT KABAR DAN STASIUN TV LOKAL TERPOPULER DI LAMPUNG 2010

Dalam perkembangan globalisasi yang semakin maju, masyarakat dituntut untuk dapat lebih cepat mengakes berbagai macam informasi dan kejadian yang terjadi. Kebutuhan masyarakat akan informasi mendapatkan respon positif dari kalangan pers dan media massa baik cetak maupun elektronik untuk dapat memenuhinya.
Dari hasil survey Rakata Institute yang dilakukan 3 bulan terakhir ini pada 5 kabupaten/kota di lampung yaitu; Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Pesawaran, yang dilakukan dengan metode Stratified Random Sampling pada tingkat kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan (Margin of Eror) diperkirakan ±5% dengan melibatkan 2400 responden menemukan hasil bahwa untuk surat kabar harian yang paling populer dan paling sering dibaca masyarakat adalah Lampung Post.
Lampung Post mendapatkan persentase peminat terbesar dengan nilai 7,60%. Di urutan kedua Radar Lampung dengan persentase 7,37% , sedangkan peringkat ketiga ditempati Tribun Lampung yang merupakan surat kabar anyar di Lampung dengan nilai persentase 6,73%. Beberapa surat kabar yang memperoleh persentase kecil kemungkinan mengalami masalah pada hal distribusi dan pengembangan. Persentase kumulatif peminat dan pembaca surat kabar tertinggi terdapat pada masyarakat kota bandar lampung dengan Tribun Lampung sebagai surat kabar yang terpopuler di kalangan masyarakat Kota Bandar Lampung.

Dari hasil survei tersebut juga diketahui peranan konsumen dalam memilih surat kabar yang sesuai. Kebanyakan konsumen (responden) menitik beratkan pilihan surat kabar pada kualitas isi berita. Dari data tersebut responden yang memilih berdasarkan kualitas berita 56 %, selanjutnya masyarakat memilih soal mudah diperoleh persentase 17%, urutan ketiga bermerek (tekenal) 12%, masalah harga menempati urutan ke-empat dengan persentase 9%, tampilan menarik menempati juru kunci dengan persentase 6%.


Sementara untuk Stasiun Televisi Lokal terpopuler adalah Lampung TV (LTV) dengan nilai persentase 16,56%. LTV dengan acara cekal sebagai acara terfavorit dapat memikat masyarakat untuk lebih memilih chanel LTV. Di urutan kedua ada Tegar TV dengan nilai persentase 3,84%, di iringi secara berurutan TVRI Lampung dan Siger TV dengan persentase masing-masing 3,18% dan 2,29%, sebagai stasiun televisi baru Radar TV telah dapat bersaing dengan sasiun TV lain dengan nilai persentase 0,17%.


Tak lain halnya dengan surat kabar masyarakat Bandar Lampung lebih cenderung mendiominasi dalam hal menyaksikan siaran televisi, bukan hanya karena mudah dalam mengakses tapi juga masyarakat lebih sadar akan perlunya suatu informasi.
Kecenderungan masyarakat memilih menonton LTV karena acara yang disajikan menarik menurut versi responden dengan persentase 57%, selain itu jangkaun penyiaran yang relatif luas juga merupakan faktor yang mengebabkan LTV dikenal masyarakat luas dan niali persentasenya 33%.
TV lokal Swasta pertama di Lampung merupakan daya pikat tersendiri yang membuat LTV ditonton masyarakat dengan persentase 7%, ragam acara yang disajikan merupakan faktor kecil masyarakat menyaksikan LTV hanya 2,43%, serta jawaban lain sebesar 0,57%

Tidak ada komentar:

Posting Komentar